Teknologi RFID Untuk Kemudahan Aktivitas

Posted on Jul 01, 2021

Radio Frequency Identification (RFID) adalah sistem identifikasi tanpa kabel yang memungkinkan pengambilan data melalui gelombang elektromagnetik. RFID menggunakan sistem identifikasi dengan gelombang radio.


Radio Frequency Identification atau lebih dikenal dengan(RFID) adalah sistem identifikasi tanpa kabel yang memungkinkan pengambilan data melalui gelombang elektromagnetik. RFID menggunakan sistem identifikasi dengan gelombang radio. Untuk itu minimal dibutuhkan dua buah perangkat, yaitu yang disebut TAG dan READER. Saat pemindaian data, READER membaca sinyal yang diberikan oleh RFID TAG. Penerapan akses kontrol berteknologi RFID yang ditanam pada kartu, dewasa ini memiliki tren tersendiri. Terbukti dengan banyaknya penggunaan baik di instansi pendidikan dan perhotelan menjadikan tenologi ini diminati oleh semua pihak karena kemudahannya dalam pengoperasian dan perawatan.

acfb

Read Next

Kelebihan Panel Surya Dibandingkan Listrik Konvensional
Mar 06, 2024
Terdapat banyak kelebihan panel surya dibandingkan tenaga listrik berbasis fosil. Salah satunya adalah sebagai sumber energi bersih dan terbarukan.
Jenis Panel Surya Rekomendasi Terbaik 2024
Mar 05, 2024
Jenis panel surya yang paling umum dikenal secara konvensional adalah solar panel monocrystalline dan polycrystalline. Simak selengkapnya pada artikel berikut!
Perbandingan Antara On-Grid Solar Panel dengan Off-grid
Mar 04, 2024
On-grid solar panel dikenal juga sebagai grid-tied solar panels or grid-connected solar panels. Cari tahu selengkapnya pada artikel berikut ini!
Monocrystalline Solar Panel untuk Estetika Bangunan
Mar 02, 2024
Monocrystalline solar panel adalah jenis modul fotovoltaik yang terbuat dari struktur kristal tunggal dari material silikon. Simak kelebihan dan kekurangannya!
Pemasangan dan Instalasi Atap Panel Surya
Mar 01, 2024
Dalam sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap, instalasi komponen atap panel surya perlu memperhatikan persyaratan administrasi dan teknis.
Memahami Pengertian Logistik dalam Supply Chain
Feb 22, 2024
Dalam rantai pasokan (supply chain), pengertian logistik merujuk pada manajemen distribusi barang dan jasa dari titik produsen ke titik konsumen akhir.