Teknologi Kamera Thermal dan Kegunaannya Dalam Sistem Keamanan

Posted on Oct 13, 2022

Kamera thermal menangkap energi inframerah (yaitu panas). Segala sesuatu dari tanaman hingga manusia mengeluarkan sejumlah energi panas bahkan dalam kegelapan.


Norma sosial dan gaya hidup kita yang khas telah berubah berkat Covid-19. Tidak hanya pada perilaku pribadi, tetapi juga penyesuaian cara melakukan sesuatu di kantor dan pengaturan profesional lainnya. Peraturan New Normal telah diberlakukan sebagai cara untuk mengurangi dampak COVID-19. dimana setiap perusahaan diwajibkan untuk mematuhi aturan kesehatan yang telah diperketat oleh pemerintah.

Pandemi Covid-19 juga telah mengubah cara orang berinteraksi, membuat semua orang lebih peduli tentang kesehatan dan kesejahteraan mereka. Hal ini harus diterapkan tidak hanya di rumah, tetapi juga di berbagai tempat, terutama ruang publik yang mudah menularkan virus. Oleh karena itu, memasuki era new normal, perangkat yang mendukung protokol kesehatan yang canggih patut menjadi perhatian berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah dan dunia usaha di berbagai sektor.

Kegiatan sehari-hari di tempat-tempat umum seperti kegiatan kantor dan bandara, berbelanja di toko dan mal, dan banyak orang lain berkerumun, berlalu lalang, dan bergerak pada saat yang bersamaan. Sementara itu, pemilik perkantoran dan pusat perbelanjaan diminta menerapkan protokol dan prosedur kesehatan normal baru untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Salah satunya adalah teknologi pencitraan thermal dalam kamera thermal.

Distributor Thermal Camera Hikvision Honeywell ZKTeco dan SPC Indonesia

Peningkatan Performa Teknologi Thermal

Berdasarkan berbagai penelitian, pasar kamera thermal global mengalami pertumbuhan 76 persen karena pandemi, menjadi senilai $7,6 miliar pada tahun 2020. Pemicu utama untuk pertumbuhan ini adalah kesadaran yang meningkat tentang teknologi thermal sebagai alat skrining untuk mendeteksi peningkatan suhu kulit selama pandemi. Hal ini juga kemudian menciptakan minat yang lebih luas dalam penggunaan teknologi thermal secara keseluruhan yang menyebabkan meningkatnya permintaan untuk kasus penggunaan lainnya – termasuk keamanan dan deteksi intrusi luar ruangan.

Kamera thermal menangkap energi inframerah (yaitu panas). Segala sesuatu mulai dari tanaman hingga manusia mengeluarkan sejumlah energi panas – bahkan dalam kegelapan total. Karena itu, kamera thermal menawarkan kemampuan deteksi yang kuat kepada para penggunanya, bahkan dalam kondisi lingkungan yang paling ekstrem, seperti es, salju, hujan, kabut, dll. Namun, kemajuan terkini juga memungkinkan pelapisan perangkat, kombinasi beberapa sensor dalam satu perangkat – menjadikan teknologi thermal sebagai alat tepercaya untuk pengawasan perimeter.

Distributor Hikvision Thermal Camera

Deteksi Perimeter Dengan Kamera Thermal

Stabilitas Gambar Superior

Kamera selalu merekam video yang stabil terlepas dari faktor lingkungan seperti kegelapan total, cahaya berlebih, cahaya latar, bayangan, kabut, asap, dan hujan.

Peningkatan Tingkat Ketepatan/Akurasi Alarm

Memiliki deteksi ultra-tepat untuk pelanggaran batas, penyusupan, serta pintu masuk dan keluar area. Menggunakan graphics processing units (GPU) terintegrasi, algoritme Deep Learning dapat mengurangi alarm palsu yang dipicu oleh objek non-manusia dan non-kendaraan dalam aplikasi pertahanan outdoor maupun indoor.

Kemampuan Pencitraan Thermal

Pencitraan termal berkembang pesat dari aplikasi konvensionalnya di bidang militer, penegakan hukum dan pengukuran suhu ke domain baru seperti pencegahan kebakaran hutan, pemantauan pembakaran tanaman, pencegahan kebakaran dalam ruangan, pertahanan perimeter, pertahanan perbatasan, pertahanan pantai, dan transportasi cerdas.

Distributor Thermal Camera Indonesia

Mengurangi Kemungkinan Alarm Palsu

Dengan gabungan antara kamera thermal dan sistem alarm, teknologi dapat memberikan tingkat akurasi analitis untuk membantu membedakan alarm tercetus karena penyusup yang terdeteksi sebagai manusia atau sekedar faktor alam dan lingkungan sekitar.

Mencegah Penyusupan

Penyusup mampu berkamuflase atau menggunakan suasanan gelap untuk menyembunyikan keberadaan mereka. Namun tidak akan mampu menyembunyikan suhu tubuh mereka. Kamera thermal dapat mendeteksi hal tersebut untuk mencegah penyusupan properti dalam suasana gelap.

Distributor Thermal Security Kamera CCTV Indonesia - Honeywell Indonesia - SPC Indonesia

Masih Dapat Mendeteksi Meski Dalam Lingkungan Yang “Keras”

Tidak seperti kamera CCTV normal, kamera outdoor yang dilengkapi pencitraan thermal dapat melihat “menembus” kabut, hujan lebat, salju dan keadaan gelap gulita sekalipun.

Sistem Pengawasan Suhu Berbasis Kamera Thermal

Petugas keamanan di sebagian besar gedung perkantoran, bandara, pusat perbelanjaan, dan ruang publik lainnya dilengkapi dengan alat/senjata thermal (thermo gun) yang memungkinkan mereka untuk mengukur suhu setiap orang sebelum masuk. Hal ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan untuk mencegah penularan virus. Namun, metode ini bersifat konvensional dan dalam praktiknya dapat dengan mudah dilakukan dengan sistem pengawasan dengan menggunakan kamera thermal.

Distributor Kamera CCTV Thermal  Indonesia - Hikvision - Honeywell Indonesia - SPC Indonesia

Sistem pengawasan dengan menggunakan kamera thermal dapat mendeteksi penderita demam tanpa perlu petugas untuk menyaring setiap pengunjung. Teknologi ini menggunakan sensor inframerah nirkabel untuk mengukur suhu tubuh sekaligus menghitung jumlah orang yang masuk dan meninggalkan toko atau gedung untuk memberikan rekomendasi jika terjadi kerumunan pengunjung.

Tidak hanya digunakan untuk menjaga keamanan saja, namun teknologi ini juga dapat dimanfaatkan sebagai sistem kehadiran tanpa kontak fisik langsung yang sekaligus dapat mengirimkan notifikasi kepada petugas terkait jika ditemukan seseorang dengan suhu yang sangat tinggi serta melacak pergerakannya.

Distributor CCTV Kamera Thermal  Indonesia - Hikvision - Honeywell Indonesia - SPC Indonesia

Tentunya masih banyak sekali teknologi security system yang harus Anda miliki untuk memenuhi keamanan bisnis Anda dari hal-hal negatif yang tidak diinginkan. Dan masih banyak pula produk kami yang harus Anda ketahui. Jadi mari bergabung bersama kami untuk mewujudkan sistem keamanan terbaik bagi perusahaan Anda.

Bersama MBS CCTV, kami akan membantu memenuhi kebutuhan teknologi sistem keamanan anda secara profesional karena kami merupakan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi sistem keamanan serta merupakan distributor resmi produk kamera CCTV, access control dan lain sebagainya dari brand-brand ternama dan terpercaya seperti Honeywell Indonesia, Hikvision Indonesia, SPC Indonesia, ZKTeco Indonesia dan brand-brand lainnya.

Dengan berbagai pengalaman dan proyek besar yang kami kerjakan, MBS CCTV layak Anda jadikan sebagai solusi terbaik untuk sistem keamanan perusahaan Anda.

Hubungi kami!
(031) 591-4700 / (031) 593-9337
marketing@mbscctv.com
https://www.mbscctv.com/

Kunjungi kami!
Jalan Dharmahusada Utara No.22 Surabaya 60285, Indonesia

Read Next

Kelebihan Panel Surya Dibandingkan Listrik Konvensional
Mar 06, 2024
Terdapat banyak kelebihan panel surya dibandingkan tenaga listrik berbasis fosil. Salah satunya adalah sebagai sumber energi bersih dan terbarukan.
Jenis Panel Surya Rekomendasi Terbaik 2024
Mar 05, 2024
Jenis panel surya yang paling umum dikenal secara konvensional adalah solar panel monocrystalline dan polycrystalline. Simak selengkapnya pada artikel berikut!
Perbandingan Antara On-Grid Solar Panel dengan Off-grid
Mar 04, 2024
On-grid solar panel dikenal juga sebagai grid-tied solar panels or grid-connected solar panels. Cari tahu selengkapnya pada artikel berikut ini!
Monocrystalline Solar Panel untuk Estetika Bangunan
Mar 02, 2024
Monocrystalline solar panel adalah jenis modul fotovoltaik yang terbuat dari struktur kristal tunggal dari material silikon. Simak kelebihan dan kekurangannya!
Pemasangan dan Instalasi Atap Panel Surya
Mar 01, 2024
Dalam sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap, instalasi komponen atap panel surya perlu memperhatikan persyaratan administrasi dan teknis.
Memahami Pengertian Logistik dalam Supply Chain
Feb 22, 2024
Dalam rantai pasokan (supply chain), pengertian logistik merujuk pada manajemen distribusi barang dan jasa dari titik produsen ke titik konsumen akhir.