Macam-Macam Tipe Kamera CCTV: Mana Yang Paling Cocok Untuk Kebutuhanmu

Posted on Dec 01, 2022

Macam-Macam Tipe Kamera CCTV: Mana Yang Paling Cocok Untuk Kebutuhanmu

CCTV memiliki tipe, bentuk dan fungsi yang berbeda. Memilih sistem kamera pengawas CCTV yang tepat tergantung pada apa yang ingin Anda pantau dan kendalikan.


CCTV sebagai kamera pengawas memiliki tipe, bentuk dan fungsi yang berbeda. Kamera CCTV saat ini merupakan bagian dari sistem keamanan yang dapat diintegrasikan ke dalam televisi, komputer, laptop, smartphone, dan tablet. Memilih sistem kamera pengawas CCTV yang tepat tergantung pada apa yang ingin Anda pantau dan kendalikan. Untuk memantau rumah atau bisnis Anda, biasanya Anda memerlukan kamera pengawas CCTV, perangkat konektivitas, dan perangkat perekam video. Pengguna dapat melihat rekaman kamera tersebut di TV, komputer, laptop, smartphone atau merekamnya di perangkat digital yang biasa dikenal dengan Digital Video Recorder (DVR).

Hikvision Indonesia

Jenis kamera pengawas CCTV umumnya dibagi menjadi sistem kamera pengawas CCTV kabel dan nirkabel. Sistem kamera pengawas CCTV kabel menawarkan kualitas gambar terbaik tanpa gangguan. Keuntungan dari sistem kamera pengawas CCTV nirkabel adalah pemasangannya sangat mudah, cepat dan bersih. Berkat teknologi digital terbaru, kamera penagwas CCTV nirkabel dapat menjangkau jarak hingga 200 meter. Sementara kelemahan sistem kamera CCTV nirkabel adalah dapat terkena gangguan sinyal lain seperti Wi-Fi di area tersebut.

Untuk kamera pengawas CCTV berkabel biasanya menggunakan konektor BNC yang dapat dicolokkan ke TV dengan adaptor atau langsung ke perekam video digital. Kelemahan dari sistem kamera pengawas CCTV berkabel adalah proses pemasangannya lebih lama dan sulit untuk dipindahkan ke lokasi lain.

CCTV Honeywell

Pemilihan kamera sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan pemiliknya, misalnya penggunaan outdoor atau indoor, penggunaan kecil atau besar atau penggunaan siang atau malam hari. Meski sama-sama kamera CCTV, namun masing-masing kamera memiliki spesifikasi dan fitur yang berbeda satu sama lain.

Kamera Pengawas CCTV Bertipe Bullet Camera

Jenis sistem kamera pengawas CCTV ini biasa digunakan di banyak tempat dan fasilitas, seperti pada gedung pusat perbelanjaan, gedung perkantoran, bangunan pertokoan, gedung apartemen dan lain sebagainya. Kamera CCTV jenis Bullet Camera ini memiliki bentuk bulat memanjang seperti peluru yang membuatnya disebut sebagai “Bullet” camera. Tipe ini lebih cocok di luar ruangan daripada tipe lain karena konstruksinya yang tahan cuaca dan lebih tahan lama.

DIstributor CCTV

Bullet Camera tahan terhadap air hujan dan sinar matahari langsung, menjadikannya sempurna untuk penggunaan di luar ruangan. Selain itu, kamera ini adalah tipe tetap yang mampu menangkap gambar secara terus-menerus dari area tetap dan tidak menyertakan kontrol zoom, geser, atau miring.

Kamera Pengawas CCTV Bertipe Dome Camera

Sistem kamera pengawas CCTV dengan tipe Dome camera adalah pilihan kamera pengawas CCTV yang paling populer untuk pengawasan keamanan saat ini karena memiliki desain yang bergaya, dapat ditempatkan hampir di mana saja, dan menyatu dengan mudah dengan lingkungannya. Sistem kamera pengawas CCTV Dome Camera ini disebut demikian karena bentuknya seperti cungkup (kubah). Kamera CCTV jenis ini dirancang agar mudah berbaur dengan lingkungannya, sehingga biasa digunakan dalam sistem pengawasan keamanan perusahaan seperti kantor, perusahaan, restoran, dan toko.

DIstributor Hikvision

Jika jenis Kamera Pengawas CCTV Dome memiliki fungsi siang/malam, sensor kameranya dapat mendeteksi tingkat kecerahan di dalam ruangan. Dalam cahaya redup, mode malam (night vision) akan aktif. Tampilan tangkapan kamera pada layar akan berubah dari berwarna menjadi hitam putih dan LED indikator inframerah akan menyala. Hal ini karena Kamera Pengawas CCTV Dome camera dengan fungsi "Smart IR" mampu untuk menyesuaikan intensitas cahaya inframerah sesuai dengan jarak objek, apakah dekat atau jauh dengan kamera.

Kamera pengawas CCTV jenis ini tersedia dengan beberapa fitur lainnya termasuk seperti kualitas gambar HD (high definition), kamera infra merah yang berfungsi untuk memantau dan mengawasi di area gelap, wide dynamic range (WDR) dan memiliki beberapa tipe khusus yang merupakan vandal-resistant (tahan rusakan). Keuntungan dari kamera pengawas CCTV tipe Dome camera ini adalah anda tidak perlu lagi membeli bracket, penyangga atau lensa tambahan. Kamera pengawas CCTV jenis ini merupakan opsi pengawasan keamanan yang terjangkau untuk rumah dan gedung bisnis anda.

Kamera Pengawas CCTV Bertipe PTZ (Pan, Tilt and Zoom) Camera

Kamera Pengawas CCTV Bertipe PTZ (Pan, Tilt and Zoom) Camera ini sekilas memiliki bentuk hampir serupa dengan Dome Camera, namun kamera ini memiliki ukuran yang lebih besar, lebih kokoh dan dengan fitur-fitur yang lebih mumpuni.

Hikvision Surabaya

Kamera Pengawas CCTV Bertipe PTZ (Pan, Tilt and Zoom) Camera ini adalah jenis kamera pengawas CCTV yang mampu menghasilkan gambar beresolusi tinggi menggunakan teknologi keamanan terbaru, ideal untuk aplikasi apa pun. Kamera pengawas CCTV Pan, Tilt, Zoom (PTZ) populer karena anda dapat memindahkan lensa kamera ke mana saja. Perangkat tambahan yang tersedia dan termasuk seperti joystick membuat kontrol kamera lebih mudah. Arti dari Pan Tilt Zoom sendiri adalah bahwa lensa kamera dapat digerakkan secara horizontal (Pan), vertikal (Tilt) dan fokus lensa dapat diubah mendekat atau menjauh (Zoom).

Kamera Pengawas CCTV Bertipe PTZ (Pan, Tilt and Zoom) Camera ini juga dapat dikontrol melalui DVR (Digital Video Recorder), remote view dan joystick. Dengan fungsi zoom yang tersedia, anda dapat melihat plat kendaraan atau bahkan memperbesar wajah seseorang dari kejauhan. Anda juga dapat membuat pengaturan untuk hanya memantau area tertentu. Bandara, stasiun kereta, terminal, dan supermarket sempurna untuk kamera Pengawas CCTV Bertipe PTZ (Pan, Tilt and Zoom) Camera ini.

Kamera Pengawas CCTV Bertipe Weather Proof

Kamera pengawas CCTV weather proof merupakan kamera pengawas CCTV yang dirancang khusus untuk mencegah air hujan dan partikel kecil seperti debu masuk ke bagian internal kamera. Kamera pengawas CCTV weather proof hadir dalam berbagai bentuk seperti bullet and dome. Untuk kondisi ekstrim, sebuah kamera pengawas CCTV weather proof bahkan memiliki pemanas built-in yang dirancang untuk bekerja dalam kondisi musim dingin. Konstruksi kamera pengawas CCTV jenis ini dirancang untuk tahan terhadap kondisi cuaca ekstrem dan memberikan pengawasan keamanan yang andal di semua kondisi. Kamera penagwas CCTV jenis ini banyak digunakan di stasiun bus, stasiun kereta api, bandara, gudang, pelabuhan, kampus, sekolah, tempat parkir, dan pemantauan lalu lintas jalan raya.

Selayaknya namanya, kamera pengawas CCTV jenis ini dirancang dari bahan penyusun yang kuat dan tahan cuaca sehingga tidak mempengaruhi performanya yang optimal. Selain itu, kamera pengawas CCTV jenis ini juga memiliki resolusi gambar yang tinggi (High Definition Resolution).

CCTV Hikvision

Kamera Pengawas CCTV Bertipe Explosion Proof

Kamera pengawas CCTV tipe explosion proof biasanya digunakan di tempat-tempat berbahaya dengan resiko ledakan yang tinggi, seperti pabrik, tambang, kilang minyak dan lain-lain. Kamera tahan ledakan dirancang untuk menahan ledakan yang dapat terjadi di industri yang bekerja di lingkungan ekstrem dengan menggunakan teknologi terbaru, kedap air, dan bebas debu.

ZKTeco Indonesia

Penggunaan kamera pengawas CCTV tipe explosion proof ini dapat menciptakan kondisi kerja yang lebih aman dan efisien, yang berdampak signifikan pada manajemen risiko pada sebuah perusahaan atau gedung. Penggunaan kamera pengawas CCTV tipe explosion proof juga hemat biaya karena dapat memantau situasi lapangan waktu nyata. Pemantauan pekerjaan lapangan secara real-time memungkinkan penilaian dan pengambilan keputusan yang lebih cepat atas ancaman terhadap peralatan dan pekerja yang bekerja di lokasi

Sesuai dengan namanya, kamera ini dirancang dengan material yang kuat untuk tahan terhadap ledakan.

Tentunya masih banyak sekali teknologi security system yang harus Anda miliki untuk memenuhi keamanan bisnis Anda dari hal-hal negatif yang tidak diinginkan. Dan masih banyak pula produk kami yang harus Anda ketahui. Jadi mari bergabung bersama kami untuk mewujudkan sistem keamanan terbaik bagi perusahaan Anda.

Bersama MBS CCTV, kami akan membantu memenuhi kebutuhan teknologi sistem keamanan anda secara profesional karena kami merupakan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi sistem keamanan serta merupakan distributor resmi produk kamera CCTV, access control dan lain sebagainya dari brand-brand ternama dan terpercaya seperti Honeywell Indonesia, Hikvision Indonesia, SPC Indonesia, ZKTeco Indonesia dan brand-brand lainnya.

Dengan berbagai pengalaman dan proyek besar yang kami kerjakan, MBS CCTV layak Anda jadikan sebagai solusi terbaik untuk sistem keamanan perusahaan Anda.

Hubungi kami!
(031) 591-4700 / (031) 593-9337
marketing@mbscctv.com
https://www.mbscctv.com/

Kunjungi kami!
Jalan Dharmahusada Utara No.22 Surabaya 60285, Indonesia

Read Next

Keuntungan Dalam Mengadopsi Sistem Manajemen Keamanan Terintegrasi
Jan 27, 2023
Sistem Manajemen Keamanan Terintegrasi adalah sistem yang mampu mengelola seluruh aspek keamanan dalam sebuah organisasi secara bersama-sama.
Mengenali Perbedaan Antara Kamera CCTV Analog Dengan IPC (Internet Protocol Camera)
Jan 16, 2023
Kamera pengawas menjadi salah satu alat keamanan yang cukup banyak digunakan, baik di tempat umum maupun rumah pribadi.
Penggunaan dan Pemanfaatan Sistem Keamanan Terintegrasi Untuk Pemilik Bisnis
Dec 20, 2022
Sistem keamanan dapat menguntungkan bisnis dalam banyak hal dan aspek, dari meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan karyawan hingga menyelesaikan konflik.
Macam-Macam Tipe Kamera CCTV: Mana Yang Paling Cocok Untuk Kebutuhanmu
Dec 01, 2022
CCTV memiliki tipe, bentuk dan fungsi yang berbeda. Memilih sistem kamera pengawas CCTV yang tepat tergantung pada apa yang ingin Anda pantau dan kendalikan.
Mengenali Sistem Face Recognition: Salah Satu Teknologi yang Digunakan Pada KTT G20 di Bali, Indonesia
Nov 23, 2022
Sistem keamanan KTT Group of Twenty (G20) di Bali memanfaatkan dan menggunakan teknologi canggih, yaitu sistem teknologi penggunaan pengenalan wajah atau face recognition.
Sistem Fire Alarm dan Seberapa Penting Penggunaannya Untuk Gedung Bisnis Anda
Nov 08, 2022
Kebakaran termasuk dalam kategori bencana. Salah satu alat yang bisa digunakan untuk mencegah kebakaran serius adalah fire alarm.