Keuntungan Dalam Mengadopsi Sistem Manajemen Keamanan Terintegrasi

Posted on Jan 27, 2023

Sistem Manajemen Keamanan Terintegrasi adalah sistem yang mampu mengelola seluruh aspek keamanan dalam sebuah organisasi secara bersama-sama.


Sistem keamanan saat ini berkembang dengan cepat dan menjadi standar dalam teknologi informasi yang digunakan dalam jaringan lokal (LAN) atau jaringan luas (WAN). Ini merupakan kesempatan bagi industri keamanan untuk terus mengembangkan sistem keamanan generasi baru yang terintegrasi. Sistem Manajemen Keamanan Terintegrasi adalah sistem yang mampu mengelola seluruh aspek keamanan dalam sebuah organisasi secara bersama-sama. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan peluang-peluang integrasi yang dapat menjadi sistem manajemen tunggal.

Manfaat Sistem Manajemen Keamanan Terintegrasi

Salah satu keuntungan dari solusi keamanan terpadu adalah dapat mengoptimalkan biaya dan memberikan pengembalian investasi dengan menghilangkan proses manual yang mahal. Namun, keuntungan utama adalah meningkatkan tingkat keamanan bagi seluruh organisasi, baik di sektor publik maupun swasta. Keuntungan dari sistem terintegrasi ini meliputi kemampuan untuk mengontrol alarm dari semua sistem dalam satu antarmuka pengguna dan kemampuan untuk menyambungkan akses dan peristiwa intrusi dengan rekaman video. Hal ini dapat mempermudah proses penyelidikan dan mengurangi kebutuhan untuk mengirim personel untuk menanggapi setiap pelanggaran keamanan.

Security System

Sistem manajemen keamanan terintegrasi dapat mengintegrasikan berbagai elemen keamanan (kontrol akses, CCTV, alarm), sistem manajemen gedung (HVAC, pencahayaan) dan banyak aspek lain dari organisasi. Sistem yang Anda pilih harus memenuhi kebutuhan Anda saat ini, tetapi juga harus sesuai dengan kebutuhan Anda di masa depan. Ini adalah tantangan yang berat, tetapi Anda harus dapat memprediksi bagaimana bisnis Anda akan berubah dan berkembang, dan memastikan sistem yang Anda cari dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Pabrikan akan terus mengembangkan produk baru di masa mendatang. Lebih banyak perangkat nirkabel sedang dikembangkan yang dapat terhubung langsung ke LAN. Anda diharapkan dapat mengelola keamanan seluruh bisnis Anda dari satu tempat ketika jaringan broadband dapat menyediakan lebih banyak bandwidth. Akan ada perubahan bentuk akses dan penggunaan teknologi biometrik akan meningkat. Anda pasti akan mengalami integrasi pada tingkat yang jauh lebih tinggi dari hari ini. Di masa mendatang, semua sistem akan kompatibel dengan kinerja sistem terbaik saat ini, memungkinkan kami menyediakan solusi terintegrasi yang komprehensif untuk kebutuhan keamanan Anda.

Keuntungan Sistem Manajemen Keamanan Terintegrasi

Sistem keamanan terintegrasi memiliki beberapa keunggulan yang dapat dicapai baik dari segi keamanan maupun bisnis. Bagian ini mencantumkan beberapa keuntungan sistem manajemen keamanan terintegrasi dibandingkan sistem terpisah.

Sistem Kamera Pengawas CCTV

CCTV Honeywell

Dengan mengintegrasikan CCTV dan sistem lain seperti kontrol akses, ini memberi pengguna solusi yang lebih efisien dan bermanfaat. Sebagai contoh:

  • Live view camera pada sistem CCTV dapat diintegrasikan dengan software akses kontrol atau data lainnya
  • Akses kontrol dan sistem deteksi keamanan lainnya dapat melakukan perekaman video sebelum dan sesudah kejadian. Hal ini membuat pencarian pada DVR lebih efektif karena hanya acara tertentu yang perlu dicari, misalnya ‘Pintu Toko dibuka dipaksa’
  • Melacak dan mencatat rincian akses tersangka individu bila terjadi pencurian kartu.
  • Mengatur kamera secara otomatis saat peristiwa spesifik terjadi, misalnya ketika seseorang memasuki sebuah ruangan di bank, atau kamera melakukan zoom ke arah pintu untuk mengidentifikasi individu.
  • Menggunakan CCTV untuk mendukung sistem absensi agar karyawan tidak dapat menitip absen.

Sistem Access Control

Access Control

Kontrol akses biasanya digunakan untuk melindungi properti dan karyawan. Secara umum, kontrol akses lebih sering digunakan dalam manajemen pintu. Namun, sering meluas ke area publik di mana pintu putar, gerbang, penghalang atau area lain yang dikombinasikan dengan biometrik sangat sensitif. Dengan mengintegrasikan kontrol akses dengan sistem lain, banyak keuntungan yang dapat dicapai, seperti:

  • Integrasi untuk mengetahui di mana karyawan pada waktu tertentu.
  • Mengetahui pintu / daerah mana yang dimasuki karyawan, atau mencoba untuk masuk.
  • Menghubungkan gambar CCTV dengan peristiwa pada akses kontrol
  • Menghubungkan pemantauan waktu kehadiran menggunakan token software yang sama.
  • Menghubungkan pemantauan pengunjung dengan akses kontrol & CCTV menggunakan token software yang sama.
  • Meningkatkan keamanan sistem melalui sistem seperti akses kartu ganda atau akses menggunakan teknologi biometrik.
  • Fungsi kontrol sistem alarm dapat dikelola oleh sistem akses kontrol.

Pengawasan Sistem Absensi Karyawan

Pengidentifikasi yang sama dapat digunakan untuk mengidentifikasi orang yang bertanggung jawab atas akses dan juga dapat digunakan untuk memeriksa kehadiran dan ketidakhadiran karyawan. Dengan bantuan perangkat lunak, Anda dapat dengan mudah menghitung jam kerja karyawan dan melacak ketidakhadiran karyawan.

Sistem Visitor Management

Bagi banyak perusahaan dan organisasi, sistem manajemen pengunjung manual berbasis kertas sudah cukup untuk memberikan informasi identitas visual kepada pengunjung. Namun dengan adanya sistem komputerisasi terkait dengan akses kontrol dan sistem waktu & kehadiran maka sistem manajemen pengunjung akan menjadi lebih baik. Tidak hanya melalui kartu ID tetapi data pengunjung juga dilengkapi dengan identifikasi biometrik, scanning dokumentasi pengunjung lainnya.

Manajemen Aset perusahaan/Bisnis

Ini dapat mencakup banyak area. Namun sebagai titik awal, pertimbangkan untuk menghubungkan alarm ke properti perusahaan sebagai sistem keamanan terpadu. Misalnya, Anda dapat menautkan aset ke karyawan tertentu. Dengan demikian alarm otomatis akan berbunyi jika aset dipindahkan ke luar area tertentu tanpa pemiliknya, misalnya sebuah laptop.

Pembatasan Akses Gedung Bertingkat Melalui Lift

Dengan mengintegrasikan kontrol elevator atau lift ke dalam sistem kontrol akses, akses ke lantai tertentu dapat dibatasi, terutama di luar jam kerja normal atau di gedung sewaan.Dengan mengintegrasikan kontrol elevator ke dalam sistem kontrol akses, akses ke lantai tertentu dapat dibatasi, terutama di luar jam kerja normal atau di gedung sewaan.

Access Control Hikvision

Audio - Video Voice Announcement/Intercom

Dengan mengintegrasikan sistem interkom Anda dengan sistem manajemen keamanan terintegrasi, Anda dapat melaporkan panggilan interkom atau penelepon dapat diautentikasi secara visual melalui CCTV.

Sistem Intrusi Alarm/Masuk Tanpa Izin

Ketika alarm terintegrasi dengan sistem keamanan terintegrasi lainnya, keuntungannya adalah sebagai berikut:

  • Mengatur sistem alarm cukup menggunakan pembaca akses (access reader). Tidak perlu menggunakan keypad.
  • Tidak ada waktu jeda saat pintu yang dipasangi alarm ini dibuka paksa. Aksi pencurian dan buka paksa ini akan segera membunyikan alarm.
  • Menonaktifkan access reader ketika sistem penyusup dalam keadaan aktif, untuk mencegah alarm palsu karena akses masuk tanpa izin ke wilayah tertentu.
  • Dengan menggunakan penghitungan otomatis jumlah penghuni dari sistem lain, sistem alarm dapat memberitahu bahwa mungkin ada orang lain yang hadir di gedung ketika sistem sedang diatur.

Sistem Fire Alarm/Peringatan Kebakaran

Distributor Fire Alarm

Dengan mengintegrasikan sistem pencegah kebakaran manfaat yang dapat diperoleh yaitu:

  • Bila terjadi kebakaran maka semua pintu keluar darurat harus secara otomatis dibebaskan dari jalur listrik. Tapi pembuka pintu manual tetap bekerja untuk menjaga keamanan dan masih memungkinkan orang untuk menyelamatkan diri.
  • Selain menyediakan kontrol hardware selama kebakaran, mungkin perlu untuk menyediakan ‘roll call‘ untuk mendaftar semua orang yang ada di gedung pada saat alarm kebakaran berbunyi.

Tentunya masih banyak sekali teknologi security system yang harus Anda miliki untuk memenuhi keamanan bisnis Anda dari hal-hal negatif yang tidak diinginkan. Dan masih banyak pula produk kami yang harus Anda ketahui. Jadi mari bergabung bersama kami untuk mewujudkan sistem keamanan terbaik bagi perusahaan Anda.

PT. Media Bersama Sukses adalah perusahaan yang bergerak di bidang Security System Technology. Kami telah merintis dan memantapkan usaha sebagai penyedia dan distributor produk teknologi keamanan yang berkualitas seperti CCTV dan Access Control dari brand-brand ZKTeco, SPC Indonesia, Honeywell Indonesia dan Hikvision

MBS CCTV menjalin komunikasi dengan pelanggan secara dekat untuk memahami tujuan dan tantangan mereka. Kami memposisikan diri sebagai mitra bisnis untuk kesuksesan setiap klien dengan menyediakan solusi sistem keamanan terbaik. Secara konsisten memperkenalkan teknologi baru dan memperbarui solusi untuk beradaptasi dengan kebutuhan klien yang berubah dan dinamika pasar. Tujuan MBS CCTV adalah menjamin keamanan terbaik untuk membantu klien mencapai tujuan bisnis mereka.

Distributor CCTV Hikvision

Bersama MBS CCTV, kami akan membantu memenuhi kebutuhan teknologi sistem keamanan anda secara profesional karena kami merupakan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi sistem keamanan serta merupakan distributor resmi produk kamera CCTV, access control, fire alarm dan lain sebagainya dari brand-brand ternama dan terpercaya seperti Honeywell Indonesia, Hikvision Indonesia, SPC Indonesia, ZKTeco Indonesia dan brand-brand lainnya.

Honeywell Indonesia

Dengan berbagai pengalaman dan proyek besar yang kami kerjakan, MBS CCTV layak Anda jadikan sebagai solusi terbaik untuk sistem keamanan perusahaan Anda.

Hubungi kami!
(031) 591-4700 / (031) 593-9337
marketing@mbscctv.com
https://www.mbscctv.com/

Kunjungi kami!
Jalan Dharmahusada Utara No.22 Surabaya 60285, Indonesia

Read Next

Kelebihan Panel Surya Dibandingkan Listrik Konvensional
Mar 06, 2024
Terdapat banyak kelebihan panel surya dibandingkan tenaga listrik berbasis fosil. Salah satunya adalah sebagai sumber energi bersih dan terbarukan.
Jenis Panel Surya Rekomendasi Terbaik 2024
Mar 05, 2024
Jenis panel surya yang paling umum dikenal secara konvensional adalah solar panel monocrystalline dan polycrystalline. Simak selengkapnya pada artikel berikut!
Perbandingan Antara On-Grid Solar Panel dengan Off-grid
Mar 04, 2024
On-grid solar panel dikenal juga sebagai grid-tied solar panels or grid-connected solar panels. Cari tahu selengkapnya pada artikel berikut ini!
Monocrystalline Solar Panel untuk Estetika Bangunan
Mar 02, 2024
Monocrystalline solar panel adalah jenis modul fotovoltaik yang terbuat dari struktur kristal tunggal dari material silikon. Simak kelebihan dan kekurangannya!
Pemasangan dan Instalasi Atap Panel Surya
Mar 01, 2024
Dalam sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap, instalasi komponen atap panel surya perlu memperhatikan persyaratan administrasi dan teknis.
Memahami Pengertian Logistik dalam Supply Chain
Feb 22, 2024
Dalam rantai pasokan (supply chain), pengertian logistik merujuk pada manajemen distribusi barang dan jasa dari titik produsen ke titik konsumen akhir.