Mengenal CCTV Camera Wireless, Kelebihan dan Kekurangannya

Posted on Jan 17, 2024

Lalu, apa itu CCTV camera wireless? Artikel ini akan membahas tentang CCTV wireless serta kelebihan maupun kekurangannya. Simak hingga tuntas!


Saat ini, teknologi CCTV semakin berkembang setiap tahunnya. Semakin canggih CCTV, semakin banyak teknologi audio, kamera, & elektronik yang diimplementasikan ke dalam CCTV untuk keamanan. Teknologi tersebut berguna untuk berbagai kebutuhan pengguna CCTV.

Mengenal CCTV Camera Wireless, Kelebihan dan KekurangannyaKey Takeaways

  • CCTV wireless menggunakan teknologi nirkabel untuk mengirimkan sinyal video dari kamera ke perangkat penerima.
  • CCTV wireless memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan.

Salah satu teknologi yang saat ini sering digunakan dalam CCTV adalah wireless CCTV atau CCTV tanpa kabel. CCTV wireless menjadi salah satu jenis CCTV yang sering digunakan.

Lalu, apa itu CCTV camera wireless? Artikel ini akan membahas tentang CCTV wireless serta kelebihan maupun kekurangannya.

 

Apa itu CCTV Wireless?

CCTV wireless (Closed-Circuit Television wireless) adalah sistem pengawasan video yang menggunakan teknologi nirkabel untuk mengirimkan sinyal video dari kamera ke perangkat penerima, seperti monitor atau penyimpanan data.

Keuntungan dari jenis CCTV ini adalah tidak perlu menggunakan kabel panjang seperti CCTV pada umumnya, sehingga pemasangannya lebih mudah. Selain itu, kamera ini memungkinkan pengguna memantau area yang sulit dijangkau dengan kabel yang sangat panjang, seperti luar rumah, garasi, atau atap.

Baca juga: Sistem CCTV Gedung: Sistem, Jenis, dan Rekomendasinya

 

Kelebihan CCTV Wireless

Kelebihan CCTV Wireless1. Rekaman dapat Diakses di Mana Saja

Keunggulan utama kamera CCTV tanpa kabel (wireless) adalah Anda dapat melihat rekaman kamera CCTV dari rumah atau di mana pun Anda berada. Hal ini dimungkinkan karena kamera CCTV wireless dapat terhubung langsung ke internet.

Anda juga dapat memantau rekaman CCTV secara online dengan masuk ke situs resmi kamera CCTV Anda. Tentu saja, ini lebih praktis daripada harus melihat rekaman CCTV melalui layar monitor. Kelebihan ini memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi Anda dalam mengakses informasi keamanan dari jarak jauh.

2. Notifikasi Langsung Dikirimkan ke Ponsel

Beberapa jenis dan sistem kamera CCTV wireless dapat diatur sehingga dapat memberikan pemberitahuan segera melalui email atau SMS setiap kali kamera CCTV mendeteksi kehadiran atau pergerakan benda atau orang. Ini berarti kamera CCTV dapat memberi tahu Anda secara langsung ketika ada sesuatu yang mencurigakan atau perlu perhatian khusus.

3. Praktis

Keunggulan lain yang dimiliki oleh kamera CCTV wireless adalah kemudahan dalam penempatannya di berbagai lokasi tanpa perlu kabel. Karena menggunakan sinyal, CCTV ini tidak bergantung pada kabel panjang sebagai penghubung. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot-repot mencari apa saja kabel yang rusak jika terjadi kerusakan atau gangguan.

Baca juga: Simak Jenis Security Camera untuk Rumah

 

Kekurangan Kamera CCTV Wireless

Kekurangan Kamera CCTV Wireless1. Kualitas Gambar

Untuk beberapa kamera CCTV wireless, ada kemungkinan bahwa kualitas gambar dan deteksi gerakan objek masih di bawah standar rata-rata. Namun, apabila Anda memutuskan untuk membeli kamera CCTV wireless yang terkenal atau memiliki harga lebih tinggi, Anda dapat menjamin mendapatkan kualitas gambar yang sangat baik.

2. Harga

Kekurangan lain yang dimiliki oleh kamera CCTV wireless adalah harganya yang cenderung tinggi. Meskipun ada beberapa yang memiliki harga lebih terjangkau, namun sering kali kualitasnya tidak sebanding. Hal ini membuat sebagian orang berpikir bahwa kamera CCTV wireless secara umum mahal dan sulit untuk ditemukan yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

3. Pilih Produk CCTV Wireless Berkualitas di Tempat yang Tepat

Keamanan properti menjadi salah satu prioritas yang penting. Terlebih untuk properti yang besar, seperti gudang dan rumah sakit, kamera pengintai seperti CCTV wireless menjadi hal yang penting.

MBS CCTV memahami keunikan kebutuhan rumah sakit dan menawarkan CCTV wireless. Dapatkan info lebih lanjut mengenai produk kami di website MBS CCTV.

Read Next

Kelebihan Panel Surya Dibandingkan Listrik Konvensional
Mar 06, 2024
Terdapat banyak kelebihan panel surya dibandingkan tenaga listrik berbasis fosil. Salah satunya adalah sebagai sumber energi bersih dan terbarukan.
Jenis Panel Surya Rekomendasi Terbaik 2024
Mar 05, 2024
Jenis panel surya yang paling umum dikenal secara konvensional adalah solar panel monocrystalline dan polycrystalline. Simak selengkapnya pada artikel berikut!
Perbandingan Antara On-Grid Solar Panel dengan Off-grid
Mar 04, 2024
On-grid solar panel dikenal juga sebagai grid-tied solar panels or grid-connected solar panels. Cari tahu selengkapnya pada artikel berikut ini!
Monocrystalline Solar Panel untuk Estetika Bangunan
Mar 02, 2024
Monocrystalline solar panel adalah jenis modul fotovoltaik yang terbuat dari struktur kristal tunggal dari material silikon. Simak kelebihan dan kekurangannya!
Pemasangan dan Instalasi Atap Panel Surya
Mar 01, 2024
Dalam sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap, instalasi komponen atap panel surya perlu memperhatikan persyaratan administrasi dan teknis.
Memahami Pengertian Logistik dalam Supply Chain
Feb 22, 2024
Dalam rantai pasokan (supply chain), pengertian logistik merujuk pada manajemen distribusi barang dan jasa dari titik produsen ke titik konsumen akhir.