Morley Fire Alarm: Sistem untuk Deteksi Kebakaran dini

Posted on Jan 18, 2024

Selain keberadaan tangga darurat dan alat pemadam api, banyak gedung yang juga dilengkapi dengan fire alarm system untuk mencegah terjadinya kebakaran.


Selain keberadaan tangga darurat dan alat pemadam api, banyak gedung yang juga dilengkapi dengan fire alarm system untuk mencegah terjadinya kebakaran. Lalu, apa itu fire alarm system? Artikel ini akan membahas tentang fire alarm system dan rekomendasinya dari Morley Fire Alarm.

Rekomendasi Fire Alarm System dari Morley Fire AlarmKey Takeaways

  • Fire alarm system adalah sebuah perangkat yang memiliki tujuan untuk mendeteksi adanya potensi gejala kebakaran.
  • Fire alarm dapat membantu proses evakuasi yang lebih cepat.

 

Apa itu Fire Alarm?

Sistem peringatan kebakaran atau fire alarm system adalah sebuah perangkat yang memiliki tujuan untuk mendeteksi adanya potensi gejala kebakaran dalam sebuah bangunan, yang mana bangunan tersebut merupakan bangunan bertingkat maupun bangunan netral.

Fire alarm memberitahukan adanya potensi bahaya dengan mendeteksi gejala tertentu lalu dikirimkan lewat jaringan sinyal. Dengan demikian, kebakaran bisa teratasi dan penghuni gedung dapat menyelamatkan diri lebih awal.

Baca juga: Alarm Cerdas dari Notifier: Intelligent Addressable Fire

 

Mengapa Fire Alarm Penting bagi Gedung?

Mengapa Fire Alarm Penting bagi Gedung?Ada beberapa alasan mengapa fire alarm penting bagi gedung. Alarm ini secara efektif dapat mencegah kebakaran karena sistem ini dapat mendeteksi adanya potensi kebakaran melalui gejala, seperti asap, percikan api, maupun gas.

Fire alarm juga membantu proses evakuasi yang lebih cepat. Perangkat ini dapat membantu koordinasi evakuasi melalui suara dan visual yang jelas. Dengan demikian, penghuni gedung dapat menyelamatkan diri dari gedung.

Selain itu, fire alarm juga dapat mengurangi potensi kerugian yang lebih besar akibat kebakaran karena adanya peringatan dini sehingga ancaman kebakaran dapat diatasi lebih dini.

 

Rekomendasi Fire Alarm System dari Morley Fire Alarm

Untuk fire alarm, kami merekomendasikan dua produk Morley Fire Alarm dari Honeywell. Honeywell sudah dikenal sejak lama sebagai alat-alat yang memproduksi sistem keselamatan dan keamanan bagi gedung-gedung maupun lingkungan kerja.

Produk Morley Fire Alarm pertama adalah 709-601-001 Morley-IAS Active Repeater. Produk ini adalah unit remote control compact untuk panel kontrol alarm kebakaran multi protokol Morley-IAS. Produk ini memiliki fitur active repeater untuk perpanjangan pengoperasian panel kontrol alarm kebakaran, terhubung dengan sistem komunikasi RS485, status LED, kontrol untuk beberapa fungsi (system reset, accept, mute, silence alarm, dan self test), serta fungsi key switch.

Produk kedua adalah 709-701-001 Morley-IAS Passive Repeater. Produk ini sekilas serupa dengan 709-601-001 Morley-IAS Active Repeater karena masih dilengkapi fungsi repeater, terhubung dengan sistem komunikasi RS485, dan LED serta kontrol untuk beberapa fungsi. Namun, unit ini menggunakan passive repeater dalam pengoperasiannya.

MBS CCTV sebagai distibutor resmi Honeywell di Indonesia dan ahli dalam bidang keamanan menawarkan solusi fire protection system yang canggih dan menggunakan teknologi terbaru dengan komponen berkualitas tinggi.

Kami adalah penyedia sistem keamanan yang siap mendukung Anda dalam menjaga aset berharga Anda tetap aman. Dapatkan info lebih lanjut mengenai produk kami di website MBS CCTV.  

Baca juga: Fire Alarm Supplier: Fire Alarm System Terlengkap 2023

Read Next

Kelebihan Panel Surya Dibandingkan Listrik Konvensional
Mar 06, 2024
Terdapat banyak kelebihan panel surya dibandingkan tenaga listrik berbasis fosil. Salah satunya adalah sebagai sumber energi bersih dan terbarukan.
Jenis Panel Surya Rekomendasi Terbaik 2024
Mar 05, 2024
Jenis panel surya yang paling umum dikenal secara konvensional adalah solar panel monocrystalline dan polycrystalline. Simak selengkapnya pada artikel berikut!
Perbandingan Antara On-Grid Solar Panel dengan Off-grid
Mar 04, 2024
On-grid solar panel dikenal juga sebagai grid-tied solar panels or grid-connected solar panels. Cari tahu selengkapnya pada artikel berikut ini!
Monocrystalline Solar Panel untuk Estetika Bangunan
Mar 02, 2024
Monocrystalline solar panel adalah jenis modul fotovoltaik yang terbuat dari struktur kristal tunggal dari material silikon. Simak kelebihan dan kekurangannya!
Pemasangan dan Instalasi Atap Panel Surya
Mar 01, 2024
Dalam sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap, instalasi komponen atap panel surya perlu memperhatikan persyaratan administrasi dan teknis.
Memahami Pengertian Logistik dalam Supply Chain
Feb 22, 2024
Dalam rantai pasokan (supply chain), pengertian logistik merujuk pada manajemen distribusi barang dan jasa dari titik produsen ke titik konsumen akhir.