Bagaimana Solar Panel Indonesia dapat Membantu Anda? Simak di Sini

Posted on Jan 25, 2024

Artikel ini akan membahas tentang panel surya dan apa saja manfaat dari solar panel Indonesia bagi Anda. Pastikan baca artikel ini sampai selesai.


Penggunaan listrik meningkat dalam beberapa tahun terakhir di Indonesia. Upaya untuk menemukan sumber energi baru yang dapat diperbarui juga sedang dilakukan.

Salah satu metode yang banyak diperhatikan adalah pemanfaatan energi surya untuk pembangkit listrik tenaga surya. Banyak kota besar di Indonesia telah menggunakan panel surya untuk berbagai keperluan, seperti mesin irigasi atau lampu jalan.

Bagaimana Solar Panel Indonesia dapat Membantu Anda? Simak di Sini

Key Takeaways

  • Panel surya adalah perangkat yang dapat mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik.
  • Panel surya dapat menghemat listrik dan mengurangi dampak negatif bagi lingkungan.

Saat ini, sangat disarankan menggunakan panel surya sebagai sumber listrik, terutama untuk rumah tangga, karena memberikan banyak manfaat. Manfaat pembangkit listrik tenaga surya bagi lingkungan dan masyarakat sangat penting pada masa ketidakpastian energi dan perubahan iklim sekarang. Pemanfaatan energi surya sebagai sumber daya terbarukan semakin mendapat perhatian dalam beberapa tahun terakhir.

Artikel ini akan membahas tentang panel surya dan apa saja manfaat dari panel surya bagi Anda. Pastikan baca artikel ini sampai selesai.

 

Apa itu Panel Surya?

Panel surya adalah perangkat yang dapat mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik. Teknologi fotovoltaik (PV) digunakan untuk mengonversi radiasi matahari menjadi energi listrik. Energi listrik yang dihasilkan disimpan dalam baterai dan dapat digunakan untuk perangkat elektronik sesuai dengan kebutuhan listrik.

Panel surya terdiri atas sel surya yang disusun secara efektif untuk menyerap sinar matahari. Sel surya bertanggung jawab menyerap sinar matahari dan terdiri atas berbagai komponen fotovoltaik yang dapat mengubah cahaya menjadi listrik. Biasanya, sel surya terbuat dari lapisan silikon semikonduktor, metal, anti reflektif, dan strip konduktor metal.

Teknologi panel surya sudah ada sejak abad ke-18, khususnya pada tahun 1839, ketika fisikawan Perancis, Alexandre Edmond Becquerel pertama kali mengembangkan teknologi fotovoltaik. Awalnya, teknologi ini muncul melalui eksperimen penyinaran dengan dua elektroda, menggunakan selenium untuk menghasilkan energi listrik dalam jumlah kecil. Eksperimen ini membuktikan bahwa energi listrik dapat dihasilkan dari energi cahaya.

Kemudian pada tahun 1941, peneliti bernama Russel Ohl berhasil mengembangkan teknologi panel surya yang dikenal sebagai sel surya (solar cell) dan teknologi ini masih digunakan hingga saat ini.

 

Bagaimana Cara Kerja Solar Panel atau Panel Surya?

Panel surya berfungsi mengubah energi matahari menjadi listrik melalui proses yang disebut fotovoltaik. Panel surya terdiri atas banyak unit kecil yang disebut sel fotovoltaik, biasanya terbuat dari bahan semikonduktor seperti silikon.

Ketika cahaya matahari menyentuh sel fotovoltaik, foton dalam cahaya tersebut memberikan energi kepada elektron dalam semikonduktor. Energi ini cukup untuk melepaskan elektron dari atomnya. Elektron yang terlepas ini mengalir melalui sel fotovoltaik, menciptakan arus listrik.

Arus listrik yang dihasilkan oleh sel fotovoltaik berupa arus searah (DC). Namun, untuk digunakan oleh peralatan listrik rumah tangga yang menggunakan arus bolak-balik (AC), arus DC perlu diubah oleh inverter. Inverter bertugas mengubah arus DC menjadi AC dengan frekuensi dan tegangan yang sesuai dengan kebutuhan peralatan listrik.

 

Apa Saja Manfaat Solar Panel Indonesia?

Apa Saja Manfaat Panel Surya?

Lalu, apa saja manfaat dari panel surya? Berikut adalah penjelasan tentang manfaat panel surya:

1. Menghemat Biaya Listrik

Biaya listrik sering kali menjadi salah satu biaya operasional yang terus meningkat seiring dengan tingkat aktivitas yang digunakan. Biaya ini pun harus dikeluarkan setiap bulan.

Meskipun demikian, upaya untuk penghematan listrik dengan slogan-slogan tidak selalu memberikan pengurangan biaya yang signifikan. Untuk mengatasi hal ini, panel surya dapat menjadi solusi yang efektif.

Meskipun membutuhkan investasi awal yang cukup tinggi untuk membangun pembangkit listrik tenaga surya, namun biaya operasional dan pemeliharaannya relatif rendah. Hal ini dapat menghasilkan pengurangan biaya listrik secara keseluruhan dalam jangka panjang, memberikan manfaat ekonomis yang signifikan bagi masyarakat dan bisnis.

2. Mengurangi Dampak Lingkungan

Listrik yang dihasilkan dari panel surya merupakan sumber energi yang bersih dan tidak menimbulkan polusi. Salah satu dampak negatif utama dari pembangkit listrik berbasis fosil adalah emisi gas rumah kaca yang berperan dalam perubahan iklim. Dengan beralih ke energi surya, kita dapat mengurangi emisi gas rumah kaca secara signifikan, membantu mengatasi perubahan iklim yang merugikan.

Tidak hanya itu, energi surya juga merupakan sumber daya yang tak terbatas dan ramah lingkungan atau energi baru terbarukan. Dengan mengubah sinar matahari menjadi listrik, pembangkit listrik tenaga surya memberikan opsi energi yang bersih dan terbarukan, tanpa merusak lingkungan. Hal ini membantu memastikan ketersediaan sumber energi yang berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan listrik.

3. Membantu Menurunkan Polusi Udara Akibat Bahan Bakar Fosil

Ketergantungan pada bahan bakar fosil dapat menimbulkan risiko ekonomi dan dampak negatif pada lingkungan. Dengan beralih ke energi surya, masyarakat dan negara dapat mengurangi ketergantungan pada pasokan bahan bakar fosil yang tidak stabil dan mahal.

Sumber energi fosil, seperti batu bara dan minyak bumi dapat menciptakan polusi udara yang berpotensi membahayakan kesehatan manusia dan merusak lingkungan. Sebaliknya, pembangkit listrik tenaga surya tidak menghasilkan emisi polutan udara, sehingga dapat membantu menjaga kualitas udara tetap bersih dan aman.

4. Dapat Memasok Listrik untuk Wilayah Terpencil

Dengan iklim tropisnya, Indonesia memberikan keuntungan mendapatkan sinar matahari sepanjang hari. Bahkan pada musim hujan, matahari tetap bersinar dan hujan tidak terus-menerus turun. Keadaan ini memberikan peluang besar untuk memanfaatkan energi surya.

Khususnya di daerah yang belum terjangkau oleh jaringan listrik nasional, solar panel menjadi solusi yang tepat untuk membawa listrik ke sana. Hal ini sangat relevan, terutama di daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) di Indonesia.

Energi listrik dari tenaga surya tidak hanya bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari, tetapi juga dapat dioptimalkan untuk meningkatkan hasil perkebunan dan pertambangan. Dengan menggabungkan energi konvensional dan alternatif dari sinar matahari, kita dapat menciptakan sistem energi yang lebih efisien dan berkelanjutan.

 

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memasang Panel Tenaga Surya atau Solar Energy

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memasang Panel Tenaga Surya atau Solar Energy

1. Pemilihan Lokasi Pemasangan

Pemasangan panel surya sebaiknya dilakukan di atas atap rumah karena tempat tersebut mendapatkan paparan langsung dari sinar matahari, atau yang dikenal sebagai PLTS Atap.

Penting untuk memastikan bahwa atap tidak terkena bayangan dari pohon atau bangunan di sekitarnya, karena hal ini dapat mengurangi kinerja panel surya.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat memasang sistem panel surya adalah kondisi atap bangunan Anda. Setiap panel surya memiliki ukuran sekitar 1x2 meter dan berat sekitar 25 kg. Oleh karena itu, sangat penting untuk memeriksa kondisi atap agar mampu menopang sistem panel surya dengan baik di atas bangunan Anda.

2. Sudut Kemiringan Panel

Hal ini dapat memengaruhi seberapa banyak listrik yang bisa dihasilkan oleh panel surya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, panel surya sebaiknya diarahkan langsung ke arah matahari dengan sudut kemiringan yang optimal. Dengan cara ini, panel surya dapat menghasilkan lebih banyak energi yang bermanfaat.

3. Lokasi Geografis

Jumlah sinar matahari yang diterima di suatu lokasi akan berdampak pada seberapa banyak energi yang dapat dihasilkan oleh panel surya. Lokasi yang mendapatkan sinar matahari cukup sepanjang tahun akan membuat penggunaan panel surya menjadi lebih efisien dan efektif.

Instalasi panel surya untuk operasionalisasi rumah dan gedung merupakan proses kolektif yang melibatkan proses integrasi berbagai utilitas rumah dan gedung yang menggunakan energi listrik tersebut. Dalam hal ini, MBS menyediakan solusi lengkap mulai dari produk hingga maintenance.

Baca juga: Panduan Memilih dan Menginstal Solar Panel Surabaya

Read Next

Kelebihan Panel Surya Dibandingkan Listrik Konvensional
Mar 06, 2024
Terdapat banyak kelebihan panel surya dibandingkan tenaga listrik berbasis fosil. Salah satunya adalah sebagai sumber energi bersih dan terbarukan.
Jenis Panel Surya Rekomendasi Terbaik 2024
Mar 05, 2024
Jenis panel surya yang paling umum dikenal secara konvensional adalah solar panel monocrystalline dan polycrystalline. Simak selengkapnya pada artikel berikut!
Perbandingan Antara On-Grid Solar Panel dengan Off-grid
Mar 04, 2024
On-grid solar panel dikenal juga sebagai grid-tied solar panels or grid-connected solar panels. Cari tahu selengkapnya pada artikel berikut ini!
Monocrystalline Solar Panel untuk Estetika Bangunan
Mar 02, 2024
Monocrystalline solar panel adalah jenis modul fotovoltaik yang terbuat dari struktur kristal tunggal dari material silikon. Simak kelebihan dan kekurangannya!
Pemasangan dan Instalasi Atap Panel Surya
Mar 01, 2024
Dalam sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap, instalasi komponen atap panel surya perlu memperhatikan persyaratan administrasi dan teknis.
Memahami Pengertian Logistik dalam Supply Chain
Feb 22, 2024
Dalam rantai pasokan (supply chain), pengertian logistik merujuk pada manajemen distribusi barang dan jasa dari titik produsen ke titik konsumen akhir.